Rabu, 01 Maret 2017

CARA MEMBUAT GROUND STRAP


Image result for CARA MEMBUAT GROUNDING STRAP
 Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita ketahui dulu apa fungsi strap ground terhadap kinerja sistem pengapian motor.

Strap ground berfungsi untuk mereduksi arus liar yang mengalir dari koil menuju busi agar percikan api busi lebih terfokus, sehingga akan lebih banyak campuran gas segar yang bisa dibakar pada saat proses pembakaran. Memasang strap ground mempunyai banyak keuntungan terhadap performa mesin. selain bisa meningkatkan tenaga yang dihasilkan mesin, memasang strap ground juga bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit dan emisi gas buang menjadi berkurang.
        Untuk membuat Strap ground cukup menyediakan kawat tembaga ukuran 0.7mm (biasa beli di toko-toko komponen elektronik), obeng/kunci untuk melepas baut dudukan koil, cutter/pisau dan isolatip.
        Langkah pertama melepas koil dari dudukannya, kemudian kita ambil satu ujung kawat tembaga  tadi dan dikerok untuk membuang lapisan isolatornya sepanjang 2-3cm.
Setelah lapisan isolatornya hilang, ujung kawat kita tekuk supaya menjadi lingkaran yang nanti akan kita jadikan lubang baut saat dijepit diantara koil dan dudukannya dan menjadi ground atau masa.
Selanjutnya kita lilitkan kawat tembaga pada kabel koil mulai dari pangkal sampai penuh, namun di ujung yang dekat dengan cop busi harus diberi jarak antara 1-2 cm, soalnya kalau dililit sampai penuh mepet cop busi, aliran listrik akan menyambar kawat terlebih dulu sebelum sampai ke busi, membuat suplai listrik ke busi menjadi terganggu.
Terakhir memasang kembali koil ke tempatnya bernaung, dan cobalah starter, biasanya efek akan ditandai dengan langsam mesin yang lebih ringan dan respon gas lebih galak...

Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Maju terus Otomotif Indonesia.

Tidak ada komentar: