Rabu, 01 Maret 2017

CARA MEMBUAT TABUNG INDUKSI MOTOR 4 TAK

Di motor 2-tak ada yang dilengkapi tabung induksi. Yang biasa di jumpai di intake manifold seperti di Yamaha RX-King disebut YEIS (Yamaha Energy Induction Sistem) yang membuat tenaga RX-king ini selalu ngisi, pantas dijuliki motor spesialis jambret. Tapi tabung induksi juga dapat di pasang di mesin 4 tak karbu, kalo di pasang di injeksi yang ada mala akan merusak ECU, karna debit bensin dalam ruang pembakaran sudah diatur oleh ECU. Fungsi tabung ini menampung semburan gas bakar yang tertendang balik oleh piston ketika deselerasi atau ngerem. Akibatnya terbuang percuma dan bikin boros. Supaya tidak terbuang, dipasanglah tabung induksi sebagai penampung sementara sebelum diisap lagi oleh seher. devinisinya dari tabloid terkemuka  M+ gitu deh.

Kalau di pasang tabung induksi di mesin 4-tak, "efek engine brake juga jadi sedikit berkurang. Selain itu, pada siklus langkah isap berikutnya, throttle atau bukaan gas tidak perlu sebanyak sebelumnya untuk mendapatkan power yang diinginkan,”

Dan untuk lebih maksimal memakai tabung yang berbahan plastik tahan panas atau pakai tabung kaca dengan volume tabung 50 cc lebih mantap dibanding yang di atas 50 cc, lalu disambungkan dengan slang bensin yang memiliki panjang 10 – 20 cm.


Yang rumurnya tabung ini akan memberikan efek yang lebih responsif pada akselerasi. Langsung saja peralatan yang di gunakan sebagai berikut:

Siapkan kater, tabung kaca berukuran 50 cc saya mengunkan tabung bekas minyak urut minyak GPU biar gratis hehehehe, lalu selang bensin berukuran 10-20 cm
Lalu lubangi tutup botol tersebut dengan kater dan masukan selang bensin kedalam tabung, pada saat memaksukan selang ke tabung pastikan masuk dengan rapat dan tak ada yang bocor
Sebelum tabung tersebut di pasang kita harus melepas AIS yang tersambung pada blok head agar tidak terjadi nembak nembak pada knalpot, saya melepas dan menutupnya dengan baut.
Setelah itu baru kita memasang tabung induksi tersebut di intake. Dengan cara memasukan selang bensin di pentil intake.
Setelah pemasangan selesai kita tes dulu apakah tabung tersebut berkerja dengan baik atau tidak, dengan cara menyalakan mesin lalu putar grip gas lalu di lepas, nah pada saat di lepas bila ada gas putih yang masuk kedalam tabung maka tabung tesebut bekerja dengan baik. Soal performa bisa di resakan sendiri.

SELAMAT MENCOBA……….

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Play Baccarat with Free Spins | FBCasino
Learn how to play Baccarat, ๋ฐ”์นด๋ผ ๊ฒŒ์ž„ the card game where the dealer places a bet on whether it will be the banker's hand.